Senin, 30 September 2013

Upgrade Prosesor Laptop Acer Aspire 4738Z Dari Intel Pentium ke Core i5

Memang gak diragukan lagi, sebagai pebisnis online, alat tempur tentu harus serba canggih. Untuk pemula dalam berbisnis mungkin sih oke oke aja dan gak masalah. Tapi khusus untuk bisnis online, laptop sekelas netbook dirasa masih kurang sih ya. Untuk yang udah expert (ciyee... bukan aku pastinya) jangankan netbook yang kebanyakan berprosesor Intel Atom, Intel Pentium aja rasanya masih kurang banget. Makannya nih aku baru upgrade onderdil "pacar"-ku (saking lebih seringnya berduaan ama laptop) dari "Intel Pentium" ke "Intel Core i5".
Laptop Tersayang
Laptopku yang kupakai mulai dari pertama kali dibeliin bokap dan nyokap ya Acer Aspire 4738Z-p611632mnkk (review lengkap intip di: http://www.jagatreview.com/2010/11/acer-aspire-4738z-intel-dual-core-seri-p-berkinerja-tinggi/), sampai sekarang masih bertahan aja nih laptop. Padahal jam terbangnya tinggi banget loh. Ngalahin jam terbang Pilot. Kalau uda online, waktu pertama beli dulu bisa 48 jam nonstop buat njalani bisnis online. Kalau sekarang 12-18 jam aja dah cukup, gak perlu kejar setoran. Prosesor bawaannya sih Intel Pentium P6100. Bisa dibilang ini adikannya Intel Core i3. Cuma teknologi Intel Turbo Bost nya dihilangkan. Jadilah Intel Pentium P6100.

Seperti yang kalian tahu, prosesornya cuman Intel Pentium, walau Prosesor Intel Pentium P6100 sudah ber-clock speed 2.00 GHz, tapi masih suka not responding pas lagi enak-enak browsing di internet. Bayangin aja lagi enak-enak editing template tiba-tiba browser nge-hang karena si laptop nge-lag. Masa cuma buka browser buat internetan aja leletnya minta ampun. Uda koneksi Smartpret lelet, eh laptopnya ikut-ikutan lelet. Buka Firefox aja, bisa nunggu 1 menit buat browser untuk terbuka setelah di eksekusi. Uda hampir mau ku talak 3 aja nih laptop, n ngelamar laptop baru. Namun berhubung kantong lagi menipis (sebenarnya sih emang gak pernah tebal) ya terpaksa urung deh niat.
Intel Pentium masihan
Ini nih prosesor awal. Walau sudah 4 tahun lebih bersamaku, si laptop masih bertahan. Walau baterai-nya sudah gak tahan barang 2 menit aja. Kalau mati lampu, si laptop harus cepat-cepat di shutdown. Liat sendiri kan prosesornya masih "Intel Pentium"? Sticker masih nempel tuh, bersanding manis dengan "Pazia"
Ini spesifikasi utamanya.
Bisa lihat kan di tabel sticker? Spesifikasinya masih standar. Benar-benar gak memenuhi standar kelayakan pebisnis online :v

Jadi spesifikasi awalnya seperti dibawah ini:
  • Prosesor Intel Pentium P6100
  • HD LED LCD 14.0"
  • Grafis Intel HD
  • RAM DDR3 cuma 1GB
  • Hard disk (HDD) ukuran standar 320GB (uda gak orisinil, pernah rusak n ganti Toshiba dengan kapasitas yang sama 320GB)
  • DVD-Super Multi-DL Drive (jarang dipakai)
  • Wifi Acer Nplify(TM) 802.11b/g/n
  • Baterai Li-ion 6-cell (Sudah sekarat minta di ganti)
Nah, karena prosesornya gak banget, gak memenuhi standar kelayakan pebisnis online, maka dari itu ku upgrade prosesornya. Kebetulan nemu penjual prosesor Intel Core i5-430m di internet. Prosesor Intel Core i5-430m ini clock speednya gak jauh beda sih, cuma 2.26 GHz, sementara Intel Pentium P6100 2.00 GHz. Tapi Intel Core i5 yang ini ada turbo bost. Dan tentu punya banyak kelebihan dibanding Intel Pentium. Prosesor Core i5 yang kubeli ini bekas sih, tapi gak masalah. Toh acer gak ada jual onderdil Intel Core i5 juga kan? Makanya di Indonesia cuma ada yang seken aja. Gak bakal deh ada nemu orang jual prosesor yang baru.

Ku beli dah tuh prosesor. Harganya lumayan juga. Hampir sama dengan harga hard disk eksternal baru. Hari sabtu ku beli, senin nyampai juga di tangan lewat jasa ekspedisi JNE. Karena aku da sering beli online, maka kurir JNE nya pun sampai kenal sama aku. hahaa... Tanpa basa-basi lagi langsung ku bongkar dah tuh laptop. Berikut penampakan jeroan laptopku. Acer Aspire 4738Z-p611632mnkk.

Bongkar habis
Bisa ku bilang, untuk bongkar laptop Acer Aspire 4738Z-p611632mnkk agak sulit dari kebanyakan laptop. Apalagi pas baru pertama kali bongkar. Karena tiap bagian laptop, penutupnya gak di pisah - pisah seperti kebanyakan laptop. Semua komponen ditutup oleh case. Dan casenya itu satu, gak terpisah-pisah. Jadi sumpah deh, njelimet amat. Untungnya ini bukan yang pertama kali aku bongkar case laptopku.
Prosesor lama. Intel Pentium P6100
Tuh gambar diatas prosesor lamanya. Intel Pentium P6100. Balsemnya masih nemplok disitu. Belum kubersihin
Intel Core i5-430m (kiri) dengan Intel Pentium P6100 (kanan)
Tuh prosesor baru Core i5 ada di sebelah kiri, yang lama Intel Pentium sebelah kanan. Dan segera di pasang.

Intel Core i5-430m sudah duduk di singgasana-nya
Fan sudah terbuka, prosesor di pasang n di kasih balsem (balsem khusus laptop, bukan balsem Geli'a). Pasang balik fan dan heatsink serta semua komponen yang tadi ku pretelin. Terus pasang case nya lagi. Setelah itu ku nyalain. Eh, pertama kali nyala gambarnya atau tampilan windows-nya blur gitu. Gede-gede. Langsung mikir aneh-aneh deh. Setel sana-sini gak bisa. Karena kondisi mati lampu, dan seperti yang kubilang, baterai udah gak tahan 2 menit aja lamanya, laptop segera kumatikan. Nunggu listrik PLN nyala selama 4 jam. Sambil nungguin lampu aku balapan dulu deh. Buka tablet, main "Need For Speed Most Wanted". Karena capek (kalah terus) akhirnya stop dan tidur.

Proses penyesuaian windows kali ya sama prosesor baru
Bangun tidur, bertepatan saat listrik PLN nyala, langsung tak hidupin laptopnya dan tada..... tampilan gede-gede and blurnya uda gak ada lagi. Tampilannya sudah balik normal seperti sedia kala dengan sendirinya. Gak tau kenapa bisa balik normal begitu aja. Begitu nyala langsung buka Windows Explorer > Klik kanan "My Computer" > Propertis > dan tadaaa.... nongol tulisan Intel(R) Core(TM) i5 CPU M 430 @ 2.27GHz 2.27 GHz. Saat itu nongol tulisan "Found new hardware bla... bla... bla...". Klik aja n oke, proses ........ ............. ...................... ................. ............. ............. ...... .......


Masih proses....


Proses lagi...

Akhirnya kelar juga

Informasi akhir

Ini detailnya yang lebih jelas. Klik gambar biar gambarnya membesar

Nah sekarang uda selesai upgradenya. Dengan begini, laptopku spesifikasinya sudah berubah. Berikut detail spesifikasi laptop Acer Aspire 4738Z-p611632mnkk milik Ryan Friska Arisandhi.

Spesifikasi laptop Acer Aspire 4738Z-p611632mnkk UPGRADE milik Ryan Friska Arisandhi.
  • Prosesor Intel Pentium Core i5-430m 2.27 GHz
  • HD LED LCD 14.0"
  • Grafis Intel HD
  • RAM DDR3 masih tetap 1GB (kapan-kapan di upgrade)
  • Hard disk ukuran standar 320GB
  • DVD-Super Multi-DL Drive (jarang dipakai)
  • Wifi Acer Nplify(TM) 802.11b/g/n
  • Baterai Li-ion 6-cell (Sudah sekarat minta di ganti)
Masih kurang sebenarnya, masaknya prosesor uda core i5 tapi RAM nya masih 1GB. Gak banget deh... Masih belum memenuhi standar kelayakan pebisnis online.  Jadi kapan-kapan kalo celengannya udah penuh, baru deh upgrade RAM jadi 4GB. Harganya sekitar Rp 500 ribuan gitu. Sekalian beli fan pendinginnya itu. Fan-nya memang sudah minta di ganti. Kemarin ada yang jual, semoga masih ada deh stoknya :)

Kalau ada yang mau beli onderdil komputer murah, kontak aku aja. Kali aja punya yang lebih murah. Hehee... promosi :P

Oiya, stok prosesor Intel Core i5-430m nya masih ada loh. Yang mau beli prosesor Intel Core i5-430m bekas, kontak aku aja ya. email aja: studibisnis@gmail.com. Bukan tipu-tipu loh.

Update:
Karena banyak yang nanyain harga, baik di form komentar blog ini dan di email, Kalo ditanya harga, ya antara Rp 500.000 s/d Rp 1.000.000 gitu dah. Ya, siapin aja budget segitu. Tinggal beberapa keping nih procie-nya.

Bisa dibilang harga segitu gak terlalu mahal sih. Kalo dibandingkan sama prosesor Core i5 buat desktop yg baru bisa sampe 2 juta lebih. Kalo beli seken paling dapet 1,7 juta. Sementara Core i5 ini harganya gak lebih dari sejuta. Apalagi buat laptop, jarang-jarang ada yg jual procie gini buat laptop. Kalo procie PC Desktop sih banyak, kalo procie laptop jangan harap banyak yg jual.  :)

SORRY BRO, STOK PROSESORNYA UDAH KEBURU ABIS. HEHEE....

Tambahan informasi:
- Review Acer Aspire 4738Z-p611632mnkk: http://www.jagatreview.com/2010/11/acer-aspire-4738z-intel-dual-core-seri-p-berkinerja-tinggi/
- Spesifikasi Intel Pentium P6100: http://ark.intel.com/products/50175/Intel-Pentium-Processor-P6100-3M-Cache-2_00-GHz
- Spesifikasi Intel Core i5-430m : http://ark.intel.com/products/43537
- Perbandingan Intel Pentium P6100 VS Intel Core i5-430m: http://www.cpu-world.com/Compare/94/Intel_Core_i5_Mobile_i5-430M_%28PGA988%29_vs_Intel_Pentium_Dual-Core_Mobile_P6100.html

89 komentar:

  1. mau nanya, punya saya laptop MSI cx420, punya processor P6100 jg.. kira2 bs ga di upgrade jd i5 atau i7?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek socketnya di ark[dot]intel[dot]com

      Hapus
    2. udh saya cek.. spek laptop saya Intel® Pentium® P6100 Processor (2.0GHz, 3MB L2 Cache)
      trus apanya yg di cek..

      Hapus
    3. socketnya rpga 989 bro..

      Hapus
    4. Bisa bro. Pake Intel® Core™ i5-430M.
      kalo Core i7 gak bisa. mentok di i5 aja.

      Hapus
    5. Kalo mau ganti jadi intel core i3 bisa nggak?

      Hapus
  2. Gan.. sy jg mau dong processornya..
    Brp hrgnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sudah habis. Sold out. Coba cari di ebay.

      Hapus
    2. Update:
      Sudah ada lagi. Intel core i5-430m.
      kontak aja email: shopping@djualmurah.com

      Hapus
    3. Kalo butuh ptocesor i3/i5 yg buat notebook kontak saya 083808145144, stock banyak, hanya cod, dan langsung dipasang ditempat..

      Thx

      Hapus
    4. Kalo butuh ptocesor i3/i5 yg buat notebook kontak saya 083808145144, stock banyak, hanya cod, dan langsung dipasang ditempat..

      Thx

      Hapus
    5. Kalo ram buat acer aspire 4738 core i3 ddr 3 4gb ada gk. Kalo ada berapa?

      Hapus
    6. Mas bro kalau i5 untuk laptop acer aspire 4732z ada ga yah

      Hapus
    7. Mas bro kalau i5 untuk laptop acer aspire 4732z ada ga yah

      Hapus
  3. waah sama tu ama laptop gw,,,
    ..beneran bisa di ganti tu processor bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah buktinya kan uda ada diatas. heheee... :)

      Hapus
  4. kang masih ada proseornya kang saya pesan kang core i5 kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada. Intel core i5-430m.
      kontak aja email: shopping@djualmurah.com

      Hapus
  5. Balasan
    1. Balsem itu buat melapisi atau menghubungkan antara prosesor dengan pendingin (kipas laptop).

      Intinya sih, dalam laptop pan ada kipasnya. Kipasnya tuh biasanya terhubung dengan prosesor melalui "suatu benda metal" berwarna kuning (sebut aja kuningan, gua gak tau namanya atau bahannya). Nah, untuk melengketkan/menghubungkan prosesor dengan kuningan inilah menggunakan balsem.

      Balsem itu bentuk luarnya (kemasannya) ya hampir sama seperti balsem biasa yang di jual di pasaran. Tapi bentuk dalamnya seperti cream (krim). Berwarna putih atau kuning. Biasanya akan memadat dan kering/keras setelah beberapa waktu lamanya (sesuai dengan panasnya suhu prosesor). walau berapapun suhu prosesornya

      Balsem penting banget sebagai media penghubung antara fan/kipas dengan prosesor. Jadi, abis bongkar prosesor, jangan pernah pasang prosesor tanpa menggunakan cream.

      Harga balsemnya murah. Antara 10ribu sampai 30ribu rupiah

      Hapus
  6. bro ane mau donk di upgread ke core i5...


    sserius broo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tinggal kontak ane aja ke: shopping@djualmurah.com
      kalo ente tinggal di Medan, bisa datang langsung aja ke kost2an ane di Menteng 7. ane yang kerjain bongkar pasang and merawanin laptop ente (kalo masih perawan) hahaaa.... Peace ^_^v

      Hapus
    2. gan ane pake laptop acer aspire 4736z bisa di update ke i3 gk. dasar sepek si dual core

      Hapus
  7. Gan Numpang Advice Kalau mau upgrade lebih dari I5 Mungkinkah? spt mo naik ke I7 atau ke Xeon Kl mungkin mohon info tipe dan seri procesor yg cocok buat tipe 4738z ini Thanks sebelumnya
    GBU>>>

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Laptop Acer Aspire 4738Z cuma bisa naik tingkat ke core i5 aja.

      Hapus
    2. Sama gan laptopnya,bisa gak di upgrade ke core i5-450M,soalnya mau saya ganti dan up RAM juga...

      Hapus
  8. gan, selain core i5 yg 430m ada gk?
    core i5 brapa gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane kurang tau selain yg 430m. cek aja kecocokan procie yg mau ente pasang ke lapie ente melalui soketnya. bisa cek di intel.ark.com.

      Kalo aspire 4738z pake procie Intel Pentium P6100. Dan socketnya yg di suport itu PGA988

      (cek soket: http://ark.intel.com/products/50175/Intel-Pentium-Processor-P6100-%283M-Cache-2_00-GHz%29?wapkw=intel+pentium+p6100)

      Sementara dalam kasus ane, ane punya procie i5-430m, soket yg di support sama procie ini ada 2, yaitu BGA1288, PGA988.

      Cek soket: http://ark.intel.com/products/43537/Intel-Core-i5-430M-Processor-3M-Cache-2_26-GHz?q=core%20i5-430m

      Karena Intel Pentium dan Core i5 sama2 support soket PGA988, maka bisa dipasang.

      Jadi intinya cari procie yg support soket PGA988

      Hapus
    2. Untuk pencerahan.

      http://www.cpu-upgrade.com/CPUs/Intel/Core_i7_Mobile/i7-640M_(PGA988).html

      Hapus
  9. om itu harga i5 nya berapaan sih ? trus misalkan diganti sama i3-330E, 2.13 GHz, L3 3 MB bisa ga siapa tau budget ga cukup buat i5.
    laptop kita sama om 4738z.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin sebelum kurs dolar naik saya bandrol Rp 700.000. Sekarang pasti lebih mahal core i5. Kurs dollar saat ini aja sekitar IDR 11.500/USD.

      untuk cocok enggaknya, cek aja jenis soket i3-330E di ark.intel.com

      Hapus
  10. Gan laptop ane Thosiba Satellite C640 intel pentium P6100 socket 989 rPGA, itu bisa di upgrade ke core i3 atau i5 gk? klo bisa masih ada stok nya gk... thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau bro. cek aja prosesor lapie apa aja yg soketnya sama ama soket procie ente. Ane gk punya stok lagi buat procie i5-430m. yg ada Intel core i7-2630qm sama intel core 2 duo T9300.

      Hapus
  11. Gan..lampi qne jg acer4738z tp P6200 apakah bs ganti dgn i5 atau yg lebih.. Trima ksh

    BalasHapus
  12. kalo pake core i7 bisa tidak gan ?

    BalasHapus
  13. gan , apa masih ada stocknya itu processor i5 nya ?
    laptop saya sama dengan postingan ini ..
    jd tolong info nya gan apa masih ada stock atau tidak saat ini...

    trims

    dan tolong di jawab lewat email gan , di mrtoptop7@gmail.com

    BalasHapus
  14. kalo processornya diupgrade, performa vga ikut nambah gak?

    BalasHapus
  15. Laptopku sama persis sm punya agan, sekarang kondisinya memprihatinkan, fan gak jalan, prosesor jg ikut masuk angin. Masih ada prosesor i5 gak gan? Plis gan, aku gak tega jual lapropku walopun udah ketinggalan jaman, ane tetep setia. Klo sempet bales ya gan, thx.

    BalasHapus
  16. laptop saya 4738z juga tapi yg processor nya p6200 niat mau upgrade juga nih :)

    BalasHapus
  17. Gan, mau nanya kalo laptop sy Toshiba L510 Satellite bisa nggak diupgrade juga dari intel pentium ke Core i5? Thx

    BalasHapus
  18. Gan Laptop sya acer 4738Z Processor Intel Pentium P6100 Apaka bisa di upgrade gan????

    BalasHapus
  19. E sobat megapa dak dibalik prosesornya,agar tau apa soketnya.

    BalasHapus
  20. windowsnya windows 7 yang 32bit apa 64 bit kang?

    BalasHapus
  21. boleh minta link driver vganya?muter muter...gak dapet_-

    BalasHapus
  22. gan, laptop ane compaq presario CQ42, make Intel pentium P6200 socket 989 rPGA.
    itu sama kaya ente ga gan socket nya ?

    BalasHapus
  23. gan core i5 kira2 masuk gak ke aspire 4741z

    BalasHapus
  24. grafisnya barubah ga??

    BalasHapus
  25. Wah kren nih!!
    pass banget sama yg punya sya tuh laptop.
    upgrade ram udah jdi 5gb tinggl upgrade core i5 nih.
    Biar kliatan kya aki'' tapi mesin nya garangg

    BalasHapus
  26. Kak mau nanya kalo acer aspire 4736z bisa ga upgrade prosesor?

    BalasHapus
  27. cara lepasin prosessornya, gimana min?

    BalasHapus
  28. Gan,, laptop ane sama dengan agan 4738z,, ada jual lagi gak processor nya,, mau ganti processor core

    BalasHapus
  29. Gan mau nanya laptop saya asus x453mm pentium juga saya mau upgrade kecorei3
    Kira kira bisa nggak ya?

    BalasHapus
  30. mas mau tanya kalo laptop saya acer aspire 4720 prosesornya intel core 2 duo T7500, kira kira pengen upgrade ke yang lebih gede bisa ga yah? pake apa kira2

    BalasHapus
  31. mas mau nanya, ane kan punya notebook aspire one d270 prossesornya pakai intel atom, kalau mau saya upgrade ke core i3 bisa kagak gan..??
    Tolong krim ke email. Mustank1927@gmail.com

    BalasHapus
  32. Bang kalo digantinya pake core I5 460m bisa gak??

    BalasHapus
  33. Om mau nanya kalo acer aspire e1 -421 prosesornya bisa di upgrade ga?

    BalasHapus
  34. Gan mau tanya acer 10 yg layarnya bisa di lepas apa bisa di upgrade ya procesornya..?

    BalasHapus
  35. gan, saya punya acer aspire one pav 70, mau ganti prosessor nih. bisa ga ya? maklum lah laptop lama prosesor masih intel atom inside

    BalasHapus
  36. Keren... sama dengan pengalaman saya, tambah maknyus kalo RAM diupgrade 4 GB... tambah ngebut banget tuh lappy.
    karena cuma upgrade RAM ke 4 GB saja udah lumayan kenceng buat editing dan desain video dengan adobe after effect dan adobe premiere, minusnya buat desain autocad sering not responding, dan akhirnya ganti processor Core i5 dech...

    BalasHapus
  37. Masih adakah Proccessor Corei5 nya gan?

    BalasHapus
  38. Prosesor code i5 430m nya masih ada om? Bisa kabarin via email saya ga om Akbar.poenya3@gmail.com

    BalasHapus
  39. wah... ane udah nyaman dengan procie bawaan gan. cuma nambah ram aja yang 2gb dua keping. ada temen sih yg nawarin ganti procie seken core i3 300rb tapi ane masi mikir2. tapi core i5 ky nya lebih mantap, cuma hrga nya aja yg bikin berat mnurut ane. thks info nya gan

    BalasHapus
  40. klo prosesor itel pentium b960 bsa upgrade gk gan.. ke intel core, bsa,y intel core apa ?
    socket prosesor saya 988b rPGA

    BalasHapus
  41. kak ....
    laptop saya sama tipe nya kek punya kakak...
    apa masih ada stock nya kak yg core i5

    BalasHapus
  42. gan mau nanya kalo laptop acer aspire 4730z kalo di upgrade procesor I3 bisa ga ya socket P 478

    BalasHapus
  43. Nanya gan
    Laptop saya Acer Aspire 4736 tampa Z dll, procesor awal core 2 duo T6600, mau ganti procesor lebih tinggi bisa ke mana ya?

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Bisa buat maen game naruto storm 2 nggak

    BalasHapus
  47. kak masih ada gak core i5 nya

    BalasHapus
  48. Buat yg cari processor laptop, silahkan caribdi tokopedia atau buka lapak, disana banyak yg jualbprocessor laptop, dari i3, i5, i7

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum om. upgrade processor acer 4732z bisa naik sampek brp om?

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum gan mau tanya laptop saya acer 4743z intel p 6200 soket pga 988 procesor upgrade saya dapat core i5 650 dengan soket yang sama, kerika di pasang, kenapa kok gak mau langsung jalan gan, dimana kira kira masalahnya muncul peringatan "the changing new hard qare maybe the cause" mohon pencerahannya gan? Terima kasih

    BalasHapus
  51. Nice info akhirnya bisa upgrade. lappy sama kek masnya ya jam terbang melangit. Tetapi goyang dumang terus (lelet / not respond)

    BalasHapus
  52. Wah suport virtualization dong (y) mantap

    BalasHapus
  53. Apa bezanya i5-430 same itu i5-580m..soket juga sama ya

    BalasHapus
  54. Bos bisa tidak intel p6200 socket 989 rPGA , di upgrade ke i5-580m ?

    BalasHapus
  55. bang klo laptop HP Compaq Presario cq40 upgrade ke i5 bisa ga? Terima Kasih

    BalasHapus
  56. laptop ku acer aspire 4738z, cpu intel P6200, full upgrade
    1 cpu i7 640m
    2 Ram DDR 1066Mhz 8Gb (2×4gb)
    3 SSD Adata 512Gb
    3 HDD Caddy (320gb)
    4 Windows 11 Home

    Setakat masa ini lancar2 saja

    BalasHapus
  57. Laptop ku Acer Aspire 4738z,
    Before Upgrade : CPU Intel P6200,

    After Upgrade :
    1 Ram DDR 1066Mhz 4Gb (1×4gb) + 1Gb (masih RAM bawaan) Total 5Gb
    2 SSD Adata 120Gb
    3 HDD Caddy (320Gb)
    4 Windows 10 Pro
    5. Rencana upgrade ke cpu i7 640m
    Sekarang 2024 ini masih lancarr, penggunaan ringan (Ms.Office) untuk kerjaan

    BalasHapus