Minggu, 27 April 2014

Mengganti Alamat Domain Blog Wordpress Self Hosted ke Domain Lain

Kemarin ceritanya ane mo ganti domain, ane kan punya blog wordpress, hosting di Hawkhost. Tapi nama domainnya aneh gitu. Ya karena blog nya juga belum gede, yaudah ane niatin ganti aja domainnya yang lebih enakan gitu dibaca. Cuman karena postingannya uda banyak, ane jadi malesan re-install blog. Selain harus import sana-sini, juga harus setting sana-sini lagi. Plugin pun harus setting dan install lagi. Kan ribet.

Nah, karena gak mau ribet, ane ganti aja domainnya yang awalnya www.domainlama.com menjadi www.domainbaru.com. Disini, kita tetap pakai instalan wordpress dari domain lama. Mulai dari file-file wordpressnya di file manager, sampe database nya kita pake www.domainlama.com. Jadi kita gak perlu install ulang wordpress lagi. Kan lebih simpel.


Untuk melakukannya, pertama-tama arahin dulu domain baru ente yang ada di registrar (namecheap, godaddy, dll) ke hostingan. Cara ngarahin domain tanya aja sama mbah Gugel. Lalu tambahkan deh domain baru kalian ke Addon Domain di hostingan.

Dalam kasus ini hosting ane hawkhost. Kalo masa propagasi sudah selesai, langsung deh buka phpMyAdmin di cPanel hostingan ente. Pilih database blog yang mau diubah alamat domainnya. Kalo kagak tau yang mana database nya, oprek aja file wp-config di "file manager". Disitu tertulis nama databasenya. Terus balik ke phpMyadmin dan Pilih database yang mau diubah. Terus klik menu SQL.

Jika menu SQL sudah diklik akan muncul teks editor, Masukin perintah dibawah ini pada editor yang ada disana, lalu klik tombol GO:

UPDATE wp_790options SET option_value = replace(option_value, 'http://www.domainlama.com', 'http://www.domainbaru.com') WHERE option_name = 'home' OR option_name = 'siteurl';

Setelah muncul notifikasi sukses, klik lagi menu SQL nya, dan masukin kembali perintah dibawah ini dan klik tombol GO.

UPDATE wp_790posts SET guid = replace(guid, 'http://www.domainlama.com','http://www.domainbaru.com');

Jika sukses kembali lagi klik tombol SQL dan masukan perintah dibawah ini lalu klik GO

UPDATE wp_790posts SET post_content = replace(post_content, 'http://www.domainlama.com', 'http://www.domainbaru.com');

Ingat! Ubah yang diwarnai itu sesuai dengan data kalian. Domain lama dan baru disesuaikan dengan domain kalian.

Khusus untuk teks warna merah, itu nama file yang ada dalam database kalian. Namanya bisa aja berbeda. Umumnya namanya wp_options, sama wp_posts. Tapi dalam kasus ane, namanya pake awalan wp_790. Itu bisa kalian sesuaikan. Liat aja nama filenya di phpmyadmin yang ada di sidebar sebelah kiri saat kalian masuk ke menu SQL atau lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.


klik aja gambarnya untuk zoom
Sampai disini belum selesai, ada hal yang harus kita oprek di file managernya. Yaitu dibawah ini.

Jika domain blog lama kalian adalah addon domain (dalam artian, tidak digunakan sebagai main domain atau domain utama pada hostingan kalian, maka kalian hanya perlu mengubah nama (rename) folder domain lama dengan domain baru. Misal, folder tempat nyimpen file-file blog www.domainlama.com ada di folder domainlama. Maka ubah aja nama foldernya menjadi domainbaru. Tapi biasanya nama domain berbeda tergantung hostingannya. Kalo ane sih nama foldernya domainlama.com. Jadi ane ubah aja ke domainbaru.com.

Jika domain blog lama kalian digunakan sebagai main domain atau domain utama pada hostingan, maka biasanya file-file blog kalian ada di root public_html. Jika seperti ini, maka pindahkan semua file-file domain lama kalian yang ada di public_html ke folder domainbaru atau domainbaru.com (nama folder tergantung hosting masing-masing).

Lalu bagaimana jika blog kalian sudah memiliki visitor yang lumayan? Ya redirect aja domain lama ke domain baru. Caranya buat file .htaccess (kalau belum ada file tsb) dengan isi script dibawah ini, atau tambahkan script dibawah ini dalam file .htaccess (jika memang sudah ada file tsb) lalu save:


redirect 301 / http://www.domainbaru.com/

Selesai. Dengan begini kalian sudah selesai mengubah nama alamat atau URL domain lama ke domain yang baru.

Permasalahan yang sering muncul:
Saat membuka halaman login wordpress, terkadang kita tetap tidak bisa login meski sudah menginput username dan password yang benar. Kalo masalah ini nongol, tambahkan aja script dibawah ini ke file wp-config.php. 

define('WP_SITEURL', 'http://www.domainbaru.com');
define('WP_HOME', 'http://www.domainbaru.com');

Selesai dah. Monggo dicoba.

1 komentar:

  1. JUAL DATABASE 2015 TER-UPDATE
    JUAL DATABASE PENGUSAHA MULTI NASIONAL INDONESIA & NASABAH PRIORITAS PERBANKAN UNTUK SALES & MARKETING ANDA TAHUN 2015!

    Cara & Strategy Jitu Promosi Usaha Anda : MILIKI DATABASE PERIODE 2015 KHUSUS PENGUSAHA MULTI NASIONAL INDONESIA & NASABAH PRIORITAS PERBANKAN UNTUK SALES & MARKETING ANDA !

    ADA BANYAK PILIHAN PAKET DATABASE
    SESUAI ISI BUDGET MARKETING PERUSAHAAN ANDA

    DATA KOMPLIT ( PAKET 1 ) Versi 2015
    HANYA Rp 188.000,- NETT
    Database yang akan didapatkan kepada Anda adalah Data Berupa Perusahaan Corporate , BUMN , SWASTA , PMA , PMDN , CV , PT , PO ,FIRMA

    DATA KOMPLIT ( PAKET 2 ) Versi 2015
    HANYA Rp 388.000,- NETT
    Database ini lengkap dengan nama pemilik, no hp pribadi, no telepon rumah, alamat, dll. Sangat cocok bagi anda yang bergerak di bidang usaha apa pun. Baik anda sebagai owner, investor, tenaga pemasar, analis, konsultan, dll.
    Anda dapat memasarkan produk bisnis anda menggunakan database yang berharga ini.
    Dengan jumlah ratusan ribu data orang berduit ini anda “tidak akan pernah” kehabisan bahan untuk mengirimkan penawaran bisnis dan memasarkan produk atau usaha anda.

    Sebagai asumsi, Jika minimal dalam satu hari anda mengirimkan penawaran bisnis atau melakukan follow up bisnis ke minimal 50 orang saja, simulasinya seperti ini:
    Database ini berjumlah lebih dari ± 300.000 data.
    ± 300.000 / 50 = 6.000
    BONUS ISTIMEWA JIKA ANDA BELI PAKET BORONG 2015 ( YAITU PAKET 1 & PAKET 2 )
    HANYA Rp 500.000,- NETT
    FREE DVD ROOM ONGKOS KIRIM
    Anda juga dapat membeli produk kami secara satuan sesuai kebutuhan anda

    SALAM SUKSES & ADMIN SOLUSI BISNIS
    ROBI

    TRUST OF MARKETING
    ONLINE DATABASE TRENDSETTER
    ADMIN 1 : (62) (0) 819 1653 9805 ( WHATSAPP )
    ADMIN 2 : (62) (0) 896 9040 7771
    Email :
    databasemanagementindonesia@gmail.com
    ahli.database02@gmail.com
    WEBSITE OFFICIAL :


    http://databasekonsumenprospektifindonesia.blogspot.com/
    http://databasebankindonesia.blogspot.com/
    http://birojualbeli.blogspot.com/2015/05/periode-2015-database-pengusaha-multi.html
    http://jualdatabaseterupdate.blogspot.com/





    BalasHapus